05 Agustus 2008

Antara Teknik Kendali dengan Teknik Elektronika

Sebelumnya, jika saya ditanya masalah keinginan masuk subjurusan Elektro, dengan tegas saya jawab kalau bukan Teknik Kendali, ya Elka (Elektronika), atau Power (Teknik Tenaga Elektrik). Nah, setelah menyelami lagi semua subjurusan di Elektro, saya merenung sembari berpikir. Alhamdulillah, 3 pilihan saya sebelumnya berhasil saya reduksi menjadi 2 pilihan saja. Yaitu, antara Teknik Kendali dengan Teknik Elektronika.

Sebagai gambaran umum tentang kedua profil subjurusan tersebut, saya akan coba kupas sedikit. Untuk Teknik Kendali, keahlian ke arah pengendalian, pemrosesan, dan persiapan distribusi sebuah informasi. Berkembang ke arah robotika dan governing system. Untuk Teknik Elektronika, keahlian ke arah ilmu, pembuatan, dan pengembangan piranti elektronika, desain IC, dll. Yang populernya menggunakan istilah embedded. Nanoteknologi pun tidak lepas dari keahlian ini. Yah, sebetulnya saya juga ingin memperjelas bahwa ilmu pengetahuan tidak terpisah dan soliter tetapi beririsan dan hanya berbeda masalah penitikberatan ilmu. Maka, apapun pilihannya, selama bisa dipertanggungjawabkan kepada Allah, Insya Allah berkah.

Semoga pilihanku berkah. Amin

0 respon:

Recent Comments

Powered by Blogger Widgets