19 Desember 2012

Alhamdulillah, Karya Jurnal Internasional Pertama

بسم الله الرحمن الرحيم


Alhamdulillahirobbil'alamin...

Atas Karunia Allah SWT, untuk pertama kalinya saya telah memiliki pengalaman untuk menyelesaikan artikel ilmiah untuk diterbitkan di jurnal internasional. Jurnal internasioanal yang menerbitkan adalah ITB Journal. Judul dan abstrak artikel yang saya submit adalah:

A New RTL Design Approach for a DCT/IDCT-Based Image Compression Architecture using the mCBE Algorithm

Rachmad Vidya Wicaksana Putra, Rella Mareta, Nurfitri Anbarsanti & Trio Adiono

IC Design Laboratory, Electrical Engineering, School of Electrical Engineering and Informatics, Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesha 10, Bandung 40132, Indonesia
Email: rachmadvidyawp{at}students.itb.ac.id, rachavidyawp{at}gmail.com

Abstract. In the literature, several approaches of designing a DCT/IDCT-based image compression system have been proposed. In this paper, we present a new RTL design approach with as main focus developing a DCT/IDCT-based image compression architecture using a self-created algorithm. This algorithm can efficiently minimize the amount of shifter-adders to substitute multipliers. We call this new algorithm the multiplication from Common Binary Expression (mCBE) Algorithm. Besides this algorithm, we propose alternative quantization numbers, which can be implemented simply as shifters in digital hardware. Mostly, these numbers can retain a good compressed-image quality compared to JPEG recommendations. These ideas lead to our design being small in circuit area, multiplierless, and low in complexity. The proposed 8-point 1D-DCT design has only six stages, while the 8-point 1D-IDCT design has only seven stages (one stage being defined as equal to the delay of one shifter or 2-input adder). By using the pipelining method, we can achieve a high-speed architecture with latency as a trade-off consideration. The design has been synthesized and can reach a speed of up to 1.41ns critical path delay (709.22MHz).

Keywords: DCT/IDCT architecture; low complexity; mCBE Algorithm; multiplierless; a new RTL design approach

Link terkait bisa dilihat di sini:

Pada awalnya saya tidak berpikir kalau artikel ini bisa diterima di jurnal ilmiah, apalagi level internasional. Karena pada awalnya adalah paper hasil riset beberapa bulan yang saya rasa kurang optimal. Lalu, saya submit di Conference ICEEI 2011 (http://stei.itb.ac.id/iceei2011/). Tidak saya sangka, ternyata ITB Journal mengirimkan invitation untuk diperbaiki dan dikembangkan dan di-submit ke ITB Journal. Maka dengan polos dan minim pengalaman, saya perbaiki dan submit lagi ke ITB Journal, sekitar November 2011. Alhamdulillah setelah sekitar setahun dan beberapa kali revisi, artikel ini diterima untuk publish pada September 2012. 

Terima kasih saya haturkan kepada Allah SWT, rekan-rekan Tim Fathanmubina (Ella dan Santi), dan tentunya Pak Trio Adiono sebagai pembimbing, serta rekan-rekan lain yang membantu secara langsung ataupun tidak langsung. Karena ini berkah karunia Allah SWT yang tidak disangka-sangka. Semoga ini bisa menjadi manfaat bagi kita semua. Jika ini adalah cobaan, maka semoga kita bisa semakin mendekatkan diri, bersyukur, dan tunduk kepada Allah SWT. Aamiin. Karena tanpa-Nya, kita tak ada daya apa-apa.

Semangat untuk berkarya lebih banyak lagi dalam bimbingan Allah SWT. Bismillah!


2 respon:

Unknown mengatakan...

Congratulation my brother... I'm happy to hear that.

Rachavidya mengatakan...

makasih banyak bro,, btw denger2 juga resolusi tahun depan kamu mau publish paper yah? semangat yah, semoga resolusinya berhasil,, tak dukung :)

Recent Comments

Powered by Blogger Widgets