22 Mei 2009

Beberapa Poin Temu-Sharing Mhs-Dosen Elka

Bismillahirrohmanirrohim

Elektronika ITB, telah mengadakan acara sharing mahasiswa dan dosen untuk mengenalkan elektronika ITB secara lebih lengkap khususnya untuk angkatan 2007. Namun, tidak menutup adanya mahasiswa tingkat 2006 ke atas yang ikut juga. Pada dasarnya acara yang dilaksanakan di Ruang Multimedia STEI ITB di Gedung Achmad Bakrie ini memiliki 2 tujuan utama (menurutku). Yang pertama adalah pengenalan lebih dekat tentang elektronika ITB. Baik dari segi keilmuan, akademik, kurikilum, serta perkembangan elektronika di Indonesia masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. Yang kedua adalah tentang triggering dari dosen-dosen kepada mahasiswa elektronika agar lebih berkembang jauh-jauh lebih baik dari sekarang. Itulah 2 poin utamanya.

:: Bidang Keahlian Elektronika
- Analog and Digital IC Design
- Devices and IC Processing
- RF IC
- Embedded System
- Instrumentation

:: Core Kelektronikaan yang dibawa
- Phiysical Electronics
- Implementation System
- System on Chip (SoC)
- Embedded System

:: Laboratories of Elka ITB
- Electronics and Components Lab
- IC design Lab
- IC Processing Lab
- Manufacturing Lab
- System Design Lab

Awalnya pembahasan diskusi yang dilakukan seperti biasanya, menyangkut akademik, kurikulum, capaian, dll. Sebetulnya, bagian yang menarik adalah ketika diskusi open mind mahasiswa dengan dosen. Contohnya mengenai apakah sebetulnya yang ingin dikejar oleh elektronika di Indonesia. Apakah benar hanya terpatok oleh draft yang dikeluarkan kampus ato mungkin hanya menyelaraskan pada kebutuhan nasional? Sebetulnya, pemikiran semacam itu tidak salah, namun untuk eksplorasi yang lebih dan berorientasi pada kreativitas atau bahkan entrepreneurship, pemikiran ini akan cukup menghambat. Sehingga, untuk menggali itu semua, pada dasarnya dibutuhkan kreativitas yang bidang kajian dan pemanfaatannya luas sekali. Tidak hanya berkutat membuat alat yang isi rangkainnya tinggal copy-paste dari yang telah ada. Yah, nilai analisis engineering dan desainnya pasti kurang sekali. Bukan menekan untuk tidak berkretivitas dan tidak mencontek sama sekali, namun sebagai manusia yang utuh, kita perlu berpikir lebih jauh tentang pola pikir mandiri kita. Kapan kita mulai ingin mencoba hal baru yang bisa memberikan manfaat secara lebih terhadap masyarakat dengan hal-hal baru yang belum tereksplorasi? Apakah pemanfaatan alat atau temuan yang dihasilkan malah menjadi kemudharatan bagi umat? Karena saya yakin, banyak hal yang perlu dipelajari dan masih mungkin ditemukan di masa-masa yang akan datang. Karena selama ini penemuan-penemuan baru tak berhenti bermunculan. So, pemanfaatan aplikasi elektronika pada dasarnya sangat bermanfaat dan membangun kesejahteraan hidup manusia. Penyelewengan yang terjadi itu akibat tindak orang yang tidak bertanggung jawab.

Dari pertemuan yang inspiratif tadi, semakin semangatlah saya tentang pentingnya belajar, belajar, dan belajar. Lalu disempurnakan dengan amal dan keikhlasan. Ayo teman-teman, kita jangan sampai malas belajar!! Kita membawa harapan banyak orang yang telah membiayai kita, terutama untuk kuliah. Kembali luruskan niat, belajar, dan beramal.

2 respon:

-Dipta- mengatakan...

Kemarin berada di tengah atmosfir para master-master ELKA rasanya terharu juga.. :D

sempet berpikir seandainya kelak gw yang jadi di posisi spt Pak Richard dan Pak Trio,, amiiiin hehe :D

Rachavidya mengatakan...

wah, ada rasa terharu yah??? koq aq cuma rasa semangat doang??? kayaknya kurang complicated yah hahah

Recent Comments

Powered by Blogger Widgets