03 Juli 2008

Membersihkan Virus di Warnet Telkom Ploso :)

Alhamdulillah...
Setelah bertarung sengit dengan virus-virus di warnetnya Telkom Ploso, akhirnya kumenangkan pertarungan itu :) Yessss!!!

Ceritanya begini, hari ini dan seperti hari-hari sebelumnya aku surfing internet. Apalagi dapat kabar dari saudaraku kalau Telkom Ploso sudah membuka warnet. Katanya sih cepat dan murah. Di benakku sih mikirnya "secepat apa dan semurah apa sih?". Aku segera mencobanya hari ini dan targetku mah buka email (kalau tiba-tiba ada info tentang PMBR) dan blogging maintenance. Awalnya sih lumayan cepet, cuma setelah beberapa menit aku merasa komputer ini semakin lemot. Ada apa gerangan? Kubuka flashdiskku tak terdetaksi folder. Lalu tiba-tiba... hap... byar petttt. Restart :(

"Hehehe... ini pasti virus". Setelah itu aku ijin ke pegawai warnet untuk "bermain" sebentar dengan komputer ini untuk membersihkan virusnya. Alhamdulillah diijinkan :)

Seperti biasa, awalnya nge-cek dulu.
  • Run hilang
  • Ekstensi folder jadi .scr
  • Task Manager tidak bisa diakses
  • Registry Editor tidak bisa diakses (ya iya,, lha wong Run hilang **eits,, aku bawa sendiri Regedit-nya)
  • Folder Option masih ada,, lho?!
Awalnya aku install antivirus lalu kurestart. Eh, antivirusnya hilang. Ya jelas, lha wong pakai DeepFreeze. :) Lalu, kucoba mematikan DeepFreeze, tapi programnya tidak ketemu. Kutanyakan ke pegawainya di mana tempat install DeepFreezenya. Beliau tidak tahu. Kucari di admin tidak ada. Hmmmm... Akhirnya main kasar dikit, mematikan dari XP Process Manager. Lalu kuinstall lagi antivirusnya. Aku pakai BitDefender Antivirus free v.10 (bukan iklan). Lalu, kuscan,, alhamdulillah ketemu 11 virus dengan file infected ada 98 buah. Kubaca ada yang moved to quarantine ada pula yang disinfected. Wah, ini masalah. kalau ntar direstart lagi,, yang dikarantina bakal lepas. Biar ah,, kan yang disinfected dah banyak. Yah, pokoknya aku dah pesan ke pegawainya biar nanti DeepFreezenya dihilangkan dulu, baru install antivirus dan scan. Baru DeepFreezenya dipasang lagi. Aku kan coba menghilangkan yang kubisa selesaikan. :)

Selanjutnya, kulihat di superhidden files, kutemukan salah satu virusnya. Hehehe997x... Akhirnya, kuhapus file-file aneh tersebut. Alhamdulillah, dah cukup bersih. Sekarang dah tidak lemot lagi :)

0 respon:

Recent Comments

Powered by Blogger Widgets