09 Agustus 2012

Nuzulul Qur'an

Bismillahirrohmanirrohim

Sedikit saya ingin mengulas masalah Nuzulul Qur'an.
Seperti yang sering dibahas, arti harfiah Nuzulul Qur'an - Nuzul-Al-Qur'an - adalah "Turunnya AL Qur'an". Sehingga secara istilah, diartikan momen pertama kali diturunkannya Al Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW. Banyak pendapat tentang kapan diturunkannya Al Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW, salah satu yang terkuat adalah tanggal 17 Ramadhan. Walaupun di sana waktu pertama kalinya wahyu turun ke Rasulullah, namun disebut Qur'an karena wahyu itu bagian dari kebenaran Qur'an secara utuh. 

Nah, yang menjadi konsen di sini, apakah cukup itu sajakah yang kita peringati sebagai Nuzulul Qur'an? Kalau Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan dibacakan dan dijelaskan oleh Jibril, kalau begitu bagaimana dengan kita? Bagaimana kita bisa tahu isi, penjelasan, dll tentang Al Qur'an jika kita hanya memperingati Nuzulul Qur'an hanya sebatas untuk pribadi Muhammad? Justru dengan diturunkannya wahyu kepada Nabi, maka tanggung jawab kita lah untuk juga menjemput bola mencari dan menanamkannya dalam hati kita dan melaksanakannya semampu kita.

Dari sedikit kontemplasi di atas, secara implisit kita akan melihat bahwa tidak semerta-merta orang yang lahir ke dunia ini langsung paham dan berislam dengan sadar, betul tidak? Apa kita pernah ingat ketika lahir bahwa kita harus mengabdi kepada Allah SWT dan ittiba' kepada Nabi Muhammad SAW? Pasti di sana ada proses mencari kebenaran dan belajar, sehingga kita yakin berislam tanpa ada kerguan didalamnya.

Nah, proses inilah yang mahal dan tidak semua orang mau untuk memikirkannya. Begitu pula yang terjadi pada sahabat-sahabat Rasulullah. Mereka dibacakan dan dijelaskan mengenai kitab dan hikmah. Tiap-tiap dari mereka diturunkan wahyu - Nuzul-ul-Qur'an - ke dalam hatinya sehingga mereka bersatu dalam ketaatan kepada Allah SWT di dalam kepemimpinan Islam yang dikomando oleh Nabi Muhammad SAW. Itulah Islam yang benar, itulah Islam yang utuh, itulah Islam yang satu, itulah Islam Rahmatan lil 'Alamin.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

* كتاب أنزل إليك فلا يكن في صدرك حرج منه لتنذر به وذكرى للمؤمنين
* اتبعوا ما أنزل إليكم من ربكم ولا تتبعوا من دونه أولياء قليلا ما تذكرون

Ini adalah sebuah kitab yang diturunkan kepadamu, maka janganlah ada kesempitan di dalam dadamu karenanya, supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu (kepada orang kafir), dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman. Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya). 
(QS.Al A'raaf:2-3)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lalu bagaimana dengan kita? Adakah kita sudah mengalami proses seperti itu pula?

Allahu a'lam

2 respon:

Rara mengatakan...

Assalamu'alaikum..
Kang, punten, Al-A'raaf suratnya.. QS.7:2-3 ^_^
Nuhun..

Rachavidya mengatakan...

wslm, sudah dikoreksi kok, salah nulis padahal maksudnya bener, otak-tangan kurang koordinasi

Recent Comments

Powered by Blogger Widgets