25 Maret 2010

OpenSPARC Community - Indonesia

Bismillahirrohmanirrohim



OpenSPARC Community Indonesia adalah komunitas yang bersama-sama belajar tentang teknologi prosesor yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Teknologi tersebut dikenal dengan nama SPARC. Awal pembentukan komunitas ini adalah dimulai dengan Sun Microsystem (atau Oracle Sun) membuka teknologi prosesornya yakni OpenSPARC. Bersamaan dengan pembukaan teknologi itu, ITB selaku institusi pendidikan yang menyediakan kurikulum yang mendukung penguasaan teknologi prosesor di Indonesia, ditunjuk menjadi inisiator komunitas yang mendalami openSPARC. Komunitas ini disebut dengan OpenSPARC Community Indonesia.

Adanya OpenSPARC Community Indonesia diharapkan ini dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam bidang prosesor. Indonesia masih cukup tertinggal dalam penguasaan teknologi ini maupun dalam pengerjaan proyek ini. Sebab belum ada industri mikroeletronika yang berkembang di Indonesia dan begitu juga lembaga-lembaga riset yang ada pun juga belum banyak bermain di sisi mikroelektronika. Namun semua fakta itu bukan berarti sumber daya manusia Indonesia tidak mampu untuk ikut mengembangkan dunia mikroelektronik khususnya OpenSPARC. Selama ini sumber daya manusia Indonesia yang memilki kemampuan ini tersebar dan tidak memilki wadah bersama dalam mencapai visi bersama.

Visi

Menciptakan Industri Microelectronics di Indonesia

Indonesia mandiri dalam bidang penyediaan prosesor untuk memenuhi kebutuhan PC/Laptop dalam negerinya sehingga tercipta PC/Laptop dengan harga yang murah (Low Cost PC/Laptop).

Misi

Membangun Komunitas Microelectronics berbasis OpenSPARC Projects

Membangun kurikulum mikroelektronik di berbagai universitas

Membangun unit-unit bisnis di bidang elektronika

Memproduksi Low Cost PC 2015

0 respon:

Recent Comments

Powered by Blogger Widgets