25 Maret 2010

Overview Kondisi OpenSPARC Community - Indonesia

Bismillahirrohmanirrohim

Berikut akan sedikit dipaparkan tentang gambaran kondisi kebutuhan masyarakat terhadap PC dan OpenSPARC Community di Indonesia.


Gambaran Masyarakat Umum

Pembahasan tentang gambaran umum masyarakat berkaitan dengan OpenSparc Community Indonesia ini dibagi menjadi empat aspek pembahasan :

  1. Kondisi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap PC
  2. Kondisi penyedia hardware dan software berkaitan dengan PC
  3. Kondisi dukungan industri terhadap OpenSPARC community
  4. Kondisi dukungan universitas terhadap OpenSPARC communit


Kondisi Kebutuhan Masyarakat terhadap PC di Indonesia

Dalam presentasi yang berjudul “Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI) untuk Next Generation Indonesia. Peningkatan Kontribusi Industri TIK Nasional” yang disampaikan oleh Direktur Jendral IATT Departemen Perindustrian, disampaikan bahwa kebutuhan PC Indonesia adalah sebagai berikut :

Tahun Unit

2009

2.500.000

2010 3.000.000

2011

4.000.000

2012

5.000.000


Kondisi Penuedia Hardware PC di Indonesia

D iantara seluruh komponen pembangun PC bagian terbesar kontribusi terhadap harga sebuah PC adalah prosesor. Namun sangat disayangkan tingkat kontribusi dalam negeri dalam hal ini sangat kecil yaitu sebesar 0 %. 100 % dari pasar prosesor di Indonesia dipenuhi oleh vendor dari luar yaitu Intel (98 %), AMD (1 %), dll (1 %). Jika dilihat pada sisi penyedia laptop, HP masih memimpin dengan share sekitar 10,5 %, disusul oleh Acer (9,7%), Dell (5,2%), Toshiba (5%), Lenovo (3,3%), Zyrex (2,7%), Wearness (1,6%), Mugen (1,3%), Asus (1,2%), Relion (1,2%), dll (58,3%). Sedangkan pada sisi PC, Acer memimpin pasar dengan pangsa pasar sekitar (10,9%), yang disusul oleh Zyrex dengan (8%), Mugen (2,9%), Relion (2%), HP (1,4%), Apple (1%), Wearness (1%), Extron (0,8%), Lenovo (0,6%), NEC (0,0%), dll (71,4%). (sumber http://widyajurnalis.wordpress.com).


Lahirnya OpenSPARC Community Indonesia

Dari kondisi itulah, terketuk niat dan keinginan untuk menjadikan Indonesia mandiri dalam hal pemenuhan kebutuhannya akan komputer. Dari situ lahirlah komunitas yang berusaha memanfaatkan fasilitas gratis yang diberikan oleh Sun Microsystem dalam mempelajari dan mengeksplorasi teknologi SPARC-nya. Dari langkah ini diharapkan kemampuan Indonesia dalam memahami dan memanfaatka teknologi prosesor lebih nyata dan pada akhirnya bisa memandirikan pemenuhan kebutuhan komputer tersebut.


Kondisi Dukungan Industri kepada OpenSPARC Community

Dukungan industri terhadap OpenSPARC community Indonesia cukup baik. Saat ini openSPARC community Indonesia telah membangun kerja sama dengan tiga perusahaan. Ketiga perusahaan itu adalah SUN Microsystem yang merupakan perusahaan multinasional di bidang TIK, Versatile Silicon yang merupakan perusahaan IC design pertama di Indonesia, dan Xilinx yang merupakan perusahaan multinasional di bidang FPGA. Beberapa kegiatan telah dilakukan oleh OpenSPARC Community Indonesia bekerja sama dengan ketiga perusahaan tersebut.


Kondisi Dukungan Universitas kepada OpenSPARC Community

Kerja sama OpenSPARC Community Indonesia dengan universitas telah diinisisi melalui acara OpenSPARC Training yang dilakukan di ITB pada tanggal 6 Juni 2009. Pada acara tersebut beberapa universitas lain bergabung yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Di masa depan, kerja sama dengan universtas akan semakin diperlebar dengan cara bekerja sama dengan SUN Microsystem melalui program kerja bernama OSUM (Open Source University Meet Up).

Lebih mendalam di ITB, OpenSPARC Community Indonesia berusaha melibatkan berbagai jurusan dalam kegiatannya. Jurusan yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini terbagi menjadi dua bagian yaitu jurusan yang terlibat dalam penguasaan teknologi yaitu T. Elektro, T. Informatika, dan T. Fisika Teknik, serta jurusan yang terlibat dalam pengembangan bisnis yaitu T. Industri dan SBM. Dengan melibatkan dua aspek (teknologi dan bisnis), diharapkan sumbangsih dari OpenSPARC Community Indonesia terhadap aspek perekonomian Indonesia semakin signifikan dengan terciptanya berbagai perusahaan yang berbasis pada teknologi OpenSPARC ini.


0 respon:

Recent Comments

Powered by Blogger Widgets