20 Februari 2009

Launching Palapa 2005 - PLTPH

Bismillahirrohmanirrohim

this article is copied from HME ITB Group at Facebook

PALAPA: PLTPH Untuk Desa

Salah satu definisi teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material, atau proses yang dapat membantu manusia menyelesaikan masalahnya. Oleh karena itu, sudah seharusnya teknologi menjadi konsumsi masyarakat umum seluas-luasnya. Namun, pada kenyataannya, masyarakat pedesaan bisa dikatakan masih jauh dari teknologi. Sebagai contoh, rasio elektrifikasi di Indonesia saat ini baru mencapai angka 58%, yang berarti dari 250 juta penduduk Indonesia, masih ada sekitar 145 juta yang tidak mendapat pelayanan energi listrik. Di sinilah Tim PALAPA HME ITB ingin mengambil peran sebagai fasilitator antara masyarakat dengan teknologi dengan mengadakan sebuah program pengembangan kemandirian masyarakat bernama PALAPA.

PALAPA adalah sebuah program pengembangan kemandirian masyarakat melalui aplikasi teknologi dengan membangun PLTPH (Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro). PLTPH sendiri adalah salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) low head dengan kapasitas daya kurang dari 5 kW yang pembangunan pembangkitnya dapat dilakukan di manapun asalkan terdapat sumber air sebagai penggerak turbin. Program PALAPA yang menekankan perawatan, pengelolaan, dan manajemen mandiri oleh masyarakat diharapkan mampu melahirkan masyarakat swadaya listrik, sehingga pertumbuhan kesejahteraan masyarakat terkait dapat meningkat dan potensi-potensi baru desa terkait dapat dikembangkan. Mimpi besar kami adalah mewujudkan sebuah revolusi energi di Indonesia yang mampu mengatasi krisis energi yang terjadi.

Setelah beberapa kali melakukan uji coba dan pengembangan, saat ini program PALAPA yang dilaksanakan di Desa Jayamukti, Kecamatan Ciurip, Kabupaten Garut ini telah berhasil menerangi 89 rumah, 1 masjid, 4 langgar, dan 20 lampu jalan dengan daya yang dihasilkan sebesar 3150 W. Sebuah sistem kepengurusan pun telah dibentuk dengan nama PALAPA JAYA yang nantinya menjadi badan desa mandiri berbasis ekonomi dan pendidikan, di mana anggotanya adalah para warga Desa Jayamukti. Melalui PALAPA JAYA ini pula disusun sistem manajemen organisasi, administrasi dan keuangan, tata tertib, dan mekanisme sanksi dalam pengelolaan PLTPH. Dengan melihat pencapaian-pencapaian di atas, kami, Tim PALAPA HME ITB, akan melaksanakan Peresmian PALAPA pada tanggal 21 Februari 2009 di Desa Jayamukti, Kecamatan Ciurip, Kabupaten Garut. Kami mengharapkan dukungan dari berbagai pihak agar program PALAPA dapat berjalan dengan baik. Karena SATU Tindakan Mengalahkan SERIBU Ucapan!

Susunan Umum Acara:
Pra Acara (7-9 Februari 2009)
1. Lomba gambar dan puisi bertema PALAPA
2. Lomba panjat pinang, makan kerupuk, dan balap karung

Ceremony (21 Februari 2009)
1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci Al Qur'an
3. Sambutan dari ketua PALAPA, ITB, Chevron, Rumah Amal, dan Pemda
4. Peresmian secara simbolik
5. Pemutaran video dokumentasi PALAPA dan program "Kampung Bangkit"
6. Pembacaaan karya puisi anak terpilih
7. Sharing dan ramah tamah
8. Penutupan dan do'a

Hiburan (21 Februari 2009)
1. Pembukaan
2. Pengajian
3. Pengumuman juara lomba
4. Penampilan kreasi seni warga
5. Penampilan kreasi seni mahasiswa

Be There Champ!!!!!
6. Penutupan dan do'a

0 respon:

Recent Comments

Powered by Blogger Widgets