05 Desember 2008

SVG, Scalable Vector Graphics : Format Masa Depan

Bismillahirrohmanirrohim

Apa itu SVG?
SVG adalah kependekan dari Scalable Vector Graphics. SVG merupakan salah satu format ekstensi yang ada di dunia komputer sekarang. Mungkin memang masing terdengar asing, namun saya yakin format ini akan semakin berkembang dan banyak diminati oleh kalangan luas. Mengapa saya berpikir seperti itu? Seperti apa maksud nama dan penggunaan SVG? Yuk mari kita simak penjelasan singkatnya.


SVG merupakan format yang biasanya digunakan sebagai gambar, walaupun tidak menutup kemungkinan sebagai text. Basisnya merupakan vektor. Sehingga, pembesaran berkali-kali terhadap format ini tidak akan menyebabkan gambar terpecah. Namanya juga basis vektor, selama fungsinya kontinu, maka di setiap saat tiap titik gambar akan dapat dinyatakan dalam bentuk vektor. Kelebihan lainnya dari format ini adalah kemampuannya dalam mengimplementasi text dinamik (bergerak) akan nampak seperti format animasi. Padahal, dia adalah murni text. Hal ini disampaikan pada saat seminar Opera lalu. Pembicaranya juga memberikan contoh kode .svg yang sangat simpel dan menyenangkan tuk editing dan debugging.

Mungkin sampai sini saja dulu, saya juga masih mencari informasi-informasi baru tentang format ini, jadi sekian dulu dan terima kasih.

from Wikipedia EN

0 respon:

Recent Comments

Powered by Blogger Widgets