30 Mei 2008

Pahamilah dan Sikapilah

Pada setiap kehidupan manusia, pastilah ada yang namanya warna-warni kehidupan. Banyak hal-hal yang kadang kita sepelekan, bahkan banyak pula hal-hal yang tidak penting yang kita pikirkan. Yah, itulah sekelumit pemahamanku tentang kontemplasi hidup. Hal ini lumrah saja, karena manusia itu sendiri memiliki keterbatasan kemampuan dan pemikiran. Tetapi, yang perlu kita pahami adalah bagaimana cara menyikapi suatu permasalahan.

Memang benar, suatu permasalahan itu hampir selalu membuat kita berpikir lebih keras. Tapi, jangan salah bahwa permasalahan itu yang "pahit-pahit" saja. Karena, sebetulnya permasalahan itu bisa berupa hal-hal yang "pahit" atau bahkan yang menyenangkan. Pada kenyataannya, semua hal tersebutlah yang menuntun kita lebih dewasa. Tapi, jelaslah dengan catatan kita bersedia dengan lapang tuk memahaminya dan menyikapinya. Jadi, apapun masalahnya, hadapilah.

Ingatlah bahwa, tanpa masalah, niscaya proses pendewasaan akan hilang. Jadi, lakukan yang terbaik, ikhtiar dan tawakal-lah. Muhasabah dan berkontemplasilah tuk mengingat kehinaan diri. Ikhtiar sembari berpikir, semoga ikhtiar yang dilakukan tak menyusahkan orang lain. (Rachmad Vidya)


0 respon:

Recent Comments

Powered by Blogger Widgets