07 September 2008

Locatory.exe

Judul di atas adalah salah satu virus atau sejenis dengan itu, yang sedang merebak di daerah kosku. Eh, erkadang juga aku emukan di laptop dan akses komputer dan internet gratis di ITB. Ya, virus ii terdeteksi dengan baik dengan antivirus macam BitDefender, AVG, dll. Merebaknya virus ini adalah melalui flashdisk. Seperti biasa, aktif dengan bantuan file bernama autorun.inf, jadi pembasmiannya sukup mudah. Cara menghapusnya cukup delete fie autorun.inf dan locatory.exe. Lalu, jangan lupa untuk tidak melakukan clicking pada drive flashdisk anda berada. Bisa langsung nyebar lho. Menyebarnya itu langsung hinggap di semua harddrive yang ada di komputer anda. Sudah saya coba soalnya. Eksistensi mereka semacam superhidden files, jadi hiddennya setara seperti file sistem.

Infeksi virus ini adalah ke dokumen Ms Word anda, yang berekstensi .doc ataupun
.docx utamanya. Tiba-tiba saja dokumen tersebut hilang. Tapi, sebetulnya cuma disembunyikan sebagai file sistem yang dilarang dibuka eksistensi hidden-nya. Untuk mengecek apakah komputer anda terjangkit virus ini, coba anda cari file locatory.exe di WINDOWS/System32. Jika ada, udahlah hapus aja tuh. Hehehe997x

Kalau dokumen anda sudah ditemukan tapi bingung membangkitkannya lagi, gampang caranya. Buka aja file tersebut, maka Ms Word akan membukanya. Jangan heran kalau bisa dibuka dan tulisannya masih terbaca, mang tidak rusak kok :). Nah, coba anda save as dengan nama berbeda. Sudah, tinggal dokumen lama dihapus. Ini adalah cara membersihkan tanpa antivirus. Lumayan jika dokumen anda banyak. hehehe997x

Semoga bermanfaat info dari saya ini.
Selamat mencoba hehehe997x.
Selesai :)

1 respon:

edratna mengatakan...

Wahh makasih nih ilmunya...soalnya saya sering mengajar...dan untuk menghindari virus, saya tak memperbolehkan orang mengambil data di laptop pakai flash dish.

Namun sebelumnya isi materi yang akan diberikan sudah dipindahkan ke CD, dan diberikan cuma-cuma. Kalau kelasnya paralel empat kelas (seperti minggu lalu), dan tiap kali harus pindah kelas, terpaksa menyiapkan 4 CD, untung harga CD masih cukup murah.

Recent Comments

Powered by Blogger Widgets